DaisypathAnniversary Years Ticker
Your Ad Here

  Kamis, Juli 19, 2007

Kalah Terhormat...


Akhirnya kekalahan tipis 0-1 yang diderita dari tim Korsel memupus harapan Indonesia untuk melaju ke babak delapan besar. Sungguh hasil akhir yang menyakitkan dan menyesakkan... apalagi melihat penampilan timnas yang sangat menawan sepanjang turnamen ini.

Tapi, jangan larut dengan kesedihan yang mendalam! Kompetisi internasional lainnya masih terbentang di depan, artinya kesempatan timnas Indonesia untuk memperbaiki penampilannya masih terbuka lebar. Bukti semangat tak kenal surut, kepercayaan diri, selalu termotivasi untuk menampilkan yang terbaik adalah modal dari awak timnas yang sangat berharga.

Bukti sahih lainnya adalah ternyata produk kompetisi nasional (baca: Liga Indonesia & Copa Indonesia) ternyata mampu menandingi pemain-pemain liga elite Asia bahkan Eropa. Artinya tidak perlulah PSSI 'ngoyo' untuk menaturalisasi para pemain muda Amerika Latin atau mengirimkan timnas yunior untuk mengikuti liga di luar negeri.

Animo dan antusiasme para pendukung timnas merah putih merupakan penegasan bahwa Indonesia saat ini mempunyai timnas yang berkualitas. Mereka tetap memberikan respek dan menaruh hormat meskipun timnas menderita kekalahan.

Semestinya PSSI mampu menjaga momen ini untuk mengevaluasi diri dan membenahi segala kekurangan: meningkatkan kualitas liga & kompetisi nasional, kualitas wasit sepakbola nasional, menggelar uji coba internasional secara reguler, dll. Yang jelas uruslah sepakbola Indonesia secara lebih profesional! Dan muara timnas Indonesia yang tangguh dengan prestasi tingkat Asia bahkan dunia itu bukanlah omong kosong belaka.

- foto: Umar Widodo (Warta Kota) -

0 komentar